Penilaian Properti dan Contoh Laporan Penilaian Properti

Dalam menilai suatu properti yang terbagi menjadi dua jenis, yaitu Real Properti dan Personal Properti diperlukan kerangka berpikir dasar untuk menentukan nilai indikasi dari suatu properti. Umumnya, penilaian properti dapat menggunakan salah satu dari 3 pendekatan, yaitu Pendekatan Perbandingan Data Pasar, Pendekatan Biaya dan Pendekatan Pendapatan. Masing-masing pendekatan memiliki kelebihan kekurangan masing-masing dalam menilai suatu properti. Oleh karena itu, agar mendapatkan nilai yang relevan dan sesuai dengan standar SPI (Standar Penilaian Indonesia) dan KEPI (Kode Etik Penilai Indonesia) atas properti yang dinilai, penilai perlu menggunakan standar penilaian tersebut untuk kemudian disesuaikan dengan properti yang dinilai. Berikut ini adalah skema sederhana dalam proses penilaian properti.

Proses Penilaian
Sumber: data diolah

Pada akhirnya, suatu proses penilaian akan menghasilkan laporan penilaian properti dengan contoh yang dapat diunduh di sini Contoh Laporan Penilaian

2 thoughts on “Penilaian Properti dan Contoh Laporan Penilaian Properti”

    1. Selamat pagi, terima kasih Pak Syamsudin. Saya belum ikut sertifikasi penilai tapi saya akan mengambilnya. Saya juga tinggal di Palangka Raya dan file yang saya share adalah salah satu hasil penilaian saya. Semoga bisa membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *